Cari Blog Ini

"SNTM12 "
PANITIA SEMINAR NASIONAL TEKNIK MESIN MENGUNDANG SIVITAS AKADEMIKA,MAHASISWA PASCA,PRAKTISI,PENELITI PADA SEMINAR DI UK PETRA PADA TANGGAL 10 AGUSTUS 2017

Selasa, 18 Januari 2011

Seminar Nasional Teknik Mesin 3

PROPOSAL SEMINAR NASIONALTEKNIK MESIN 3
”REKAYASA DAN INOVASI DESAIN MELALUI KERJASAMA RISET PERGURUAN TINGGI DAN INDUSTRI UNTUK TERUS MEMBANGUN DAN MEMAJUKAN BANGSA”
Jl.Siwalankerto 142-144, Telp. 031-8439040 Ext.3465, Fax. 031-8417658
Email : ian@peter.petra.ac.id; Website : http://www.petra.ac.id, Surabaya 60236


1. LATAR BELAKANG
Kegiatan penelitian jurusan untuk masyarakat belum banyak dilakukan, dan intensitasnya masih relatif sedikit. Sehingga jumlah kerjasama antara jurusan dengan pihak industri maupun perguruan tinggi negeri/swasta dalam bidang penelitian bersama masih relatif stagnant. Hal ini secara tidak langsung berdampak terhadap jumlah peminat/calonmahasiswa baru terhadap Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Petra
Untuk mempromosikan jurusan di bidang penelitian, Februari 2007 jurusan menyelenggarakan Seminar Nasional Teknik Mesin 2 (Call for Paper) untuk kedua kalinya. Minat peneliti baik dari BUMN, perguruan tinggi negeri/swasta, lembaga peneliti untuk mengikuti Seminar Nasional sangat tinggi. Jumlah abstrak yang masuk 69 abstrak dan 40 abstrak oleh para reviewer dinyatakan layak untuk dipresentasikan pada Seminar Nasional. Hasil Seminar Nasional yang diadakan jurusan berdampak terhadap antusiasme dosen untuk melakukan penelitian atau menulis jurnal sangat tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah dosen yang berkeinginan untuk ikut Konferensi Nasional sesudah kegiatan tersebut semakin meningkat jumlahnya.
Dengan berdasarkan dampak yang positif, maka jurusan berkeinginan untuk menyelenggarakan Seminar nasional Teknik Mesin 3 dengan target yang lebih luas, yaitu: ada kolaborasi penelitian antara dosen jurusan dengan peneliti di luar jurusan. Sehingga diharapkan, dosen jurusan mampu menghasilkan proposal penelitian Hibah Bersaing atau Ristek Insentif.

2. TUJUAN SEMINAR
Tujuan Seminar Nasional Teknik Mesin 3 (Call for Papers) sebagai berikut:
1. Ajang sharing dan diskusi untuk peningkatan kualitas penelitian serta peningkatan penerapan teknologi yang aplikatif di dunia industri.
2. Menumbuhkan inspirasi ide penelitian yang saling berkelanjutan.
3. Meningkatkan kerjasama riset antara dosen JTM dengan industri/PTN/BUMN dalam wujud proposal penelitian.
4. Memberikan solusi-solusi alternatif terhadap permasalahan dunia Industri dan kaitannya terhadap lingkungan hidup.

3. MANFAAT SEMINAR
Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjawab solusi-solusi alternatif yang ditawarkan terhadap persoalan rekayasa dan inovasi peralatan yang menjadi tantangan terhadap industri yang akan datang khusunya Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Petra.

4. MEKANISME DAN DESAIN PELASANAAN SEMINAR
Pada awalnya Jurusan meminta kepala-kepala bidang Studi Jurusan Teknik Mesin untuk menentukan PIC yang bertugas terhadap pelaksanaan Seminar Nasional Teknik Mesin ke 3, dari hasil keputusan rapat ditentukan bahwa Rumpun Desain yang bertugas untuk menangani kegiatan tersebut, dimana Seminar Nasional Tahunan 2 sebelumnya sudah ditangani oleh Tim Runpun Manufaktur sehingga Seminar Nasional tahunan berikutnya (Seminar Nasional Tahunan ke-4) akan dimotori oleh Tim Rumpun Konversi Energi.

5. TARGET DAN SASARAN PESERTA SEMINAR
Berdasarkan pengalaman seminar nasionan tahun ke-1 dan Tahun Ke -2 target peserta sekitar ditetapkan 50-60. Adapun yang menjadi sasaran peserta adalah:
1. Industri / BUMN
2. Perguruan Tinggi/Universitas di Indonesia khususnya Pulau Jawa
3. Mahasiswa Perguruan Tinggi di berbagai universitas di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEKRETARIAT SEMINAR NASIONAL TEKNIK MESIN

SEKRETARIAT: | Create Your Badge

ADMIN INSTAGRAM

Instagram